Pengertian Seni Musik

Makalah Seni Musik – Pengertian, Fungsi, Jenis

Seni musik sangatlah disukai oleh semua orang. Banyak orang yang berpendapat bahwa musik adalah bahasa universal, karena Anda tidak perlu mengerti bahasanya tetapi Anda tetap bisa menikmatinya.

Walaupun begitu,ternyata banyak orang yang tidak tahu pasti “Apa itu seni musik?”

Seni musik adalah suatu cabang seni yang dikembangkan menggunakan tempo, harmoni, ritme, melod, dan vokal sebagai sarana untuk menuangkan emosi dan perasaan penciptanya. Di Indonesia sendiri, seni musik telah menjadi sarana hiburan yang sangat populer, dan terus meningkat karena dibantu oleh perkembangan teknologi dunia.

Pengertian Seni Musik
Pengertian Seni Musik

Fungsi Seni Musik

Siapa sangka ternyata seni musik memberikan fungsi-fungsi berikut ini bagi manusia:

  1. Sosiologis

Seni musik dapat digunakan sebagai teman untuk membantu dan sebagai perantara dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, lagu bekerja, lagu agama, drama, film, pengobatan, pesta, acara TV, dan lain-lain.

  1. Pendidikan

Karya musik dapat digunakan untuk perantara dalam pendidikan, contohnya lagu anak-anak. Banyak sekali seni musik yang menyelipkan pendidikan ke dalam lagunya.

  1. Historis

Seni musik memberikan nilai historis yang cukup tinggi. Contohnya banyak sekali musisi-musisi dunia yang sudah meninggal, tetapi musik mereka masih didengarkan sampai sekarang.

Mungkin saja 100 tahun atau 200 tahun dari sekarang, lagu-lagu populer di dunia tetap dapat didengarkan.

  1. Kebudayaan

Seni musik memberikan nilai budaya yang sangat tinggi, baik itu seni musik daerah, atau pun seni musik nasional. Karya musik tersebut mengandung unsur kebudayaan dari wilayah tersebut.

  1. Kejiwaan

Ternyata banyak seni musik yang dapat memengaruhi jiwa manusia, seperti membangkitkan semangat atau melemahkan semangat. Contohnya seperti lagu-lagu perjuangan dan kebangsaan.

Jenis-Jenis Seni Musik di Dunia

Banyak sekali macam-macam seni musik yang ada di dunia. Pada saat ini saya akan membahas jenis-jenis yang terkenal saja.

  1. Pop

Pop adalah salah satu aliran seni musik yang sangat terkenal, penyanyi-penyanyi asal Amerika banyak yang menjadi terkenal karena menyanyikan aliran ini.

  1. Rock

Rock juga adalah salah satu aliran musik yang disukai anak remaja. Musik-musik rock terdengar cukup keras di telinga beberapa orang. Walaupun begitu cita rasa msiknya sangat cocok dengan anak muda.

  1. Religi

Seni musik religi membawakan lagu-lagu bersifat rohani yang biasanya dinyanyikan saat upacara agama.

  1. Daerah

Seni musik daerah akan membawa kebudayaan suatu daerah pada karya musiknya, dan biasanya membuat kebudayaan tersebut semakin dikenal oleh orang banyak.
www.alvintubes.info
2018 Toyota Supra
wapwon123.com
www.hondacarusa.com
www.alvingame.info
www.avandafilm.co
www.apkcrows.com
carreleasedatesprice.com